2022 Pengadaan Lahan Tol Yogya-Solo Tuntas, Begini Mekanismenya

Kuntadi ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 10:20:00 WIB
2022 Pengadaan Lahan Tol Yogya-Solo Tuntas, Begini Mekanismenya
Tanah dan bangunan warga Pundong III, Tirtoadi, Mlati, Sleman, yang terkena proyek jalan tol sudah diberi patok. (Foto : iNews.id/Priyo Setyawan)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pengadaan lahan untuk jalan tol trase Yogya-Solo ditargetkan selesai tahun ini. Pemberian ganti rugi akan dibayarkan secara bertahap, agar pembangunan tidak mundur. 

Ketua Project Management Unit Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan, pemerintah pusat telah menganggarkan Rp5 triliun untuk pembebasan lahan tol di wilayah DIY. Tahun ini masih dalam proses pengadaan lahan yang direncanakan dari perbatasan Tamanmartani sampai dengan Maguwo dan dari on/off Trihanggo (Ring road utara) sampai dengan Junction Sleman. 

“Tahapan pembangunan mengikuti lahan yang telah dibebaskan ini. Sedangkan untuk tol elevated diatas Ring Road Utara menjadi tahap terakhir,” papar Rani usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam agenda melaporkan perkembangan proyek pembangunan jalan tol Yogya–Solo, Jogja-Bawen dan Yogya- Kulonprogo, Selasa (30/08/2022) di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Proses pembebasan lahan tol Yogyakarta-Bawen berjalan cukup baik. Untuk itulah pemerintah pusat mengejar penyelesaian pembebasan lahan. Sebab proyek jalan tol ini menjadi proyek nasional yang didanai negara. Sedangkan konstruksi fisiknya oleh investor. 

Pengadaan lahan mendasarkan pada Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum dan juga harus memperhatikan hal-hal yang terkait dengan Keistimewaan DIY, khususnya trase tol tidak diizinkan melewati situs ataupun area-area yang harus dilestarikan. 

“Ini adalah program pemerintah pusat, daerah mendukung untuk kemanfaatan bagi DIY. Apalagi lalu lintas di jalan-jalan utama sudah sangat padat,” ujar Rani.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno mengatakan, selain mengevaluasi penyelenggaraan pengadaan tanah jalan tol Yogya-Solo dan Jogja-Bawen, juga dilakukan paparan perencanaan trase untuk Jalan Tol Jogja-Kulonprogo. Percepatan penyelesaian pengadaan tanah menjadi prioritas yang harus diselesaikan.

“Sesuai arahan Sri Sultan, izin penetapan lokasi untuk tol Yogya-Kulonprogo segera diproses,” katanya.

Tol Yogya-Kulonprogo ini akan melalui tiga kabupaten yaitu Sleman, Bantul dan Kulonprogo yang terdiri dari 11 kapanewon dan 44 kalurahan. Untuk itu, harus segera dilakukan sosialisasi berkaitan dengan persiapan tersebut.
 
“Sudah ada trasenya dan sudah sesuai dengan usulan dari Dirjen Bina Marga. Secapatnya akan disosialisasikan setelah mendapatkan arahan,” ujarnya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: