214 Mahasiswa Asing Beri Layanan Kesehatan dalam Summer Course 2022 di Kulonprogo

Kuntadi · Selasa, 08 November 2022 - 19:51:00 WIB
214 Mahasiswa Asing Beri Layanan Kesehatan dalam Summer Course 2022 di Kulonprogo
Sejumlah mahasiswa asing melihat pemanfaatan lahan pekarang oleh kelompok Wanita Tani di Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Sebanyak 214 mahasiswa dari berbagai negara mengikuti Summer Course 2022 on Interprofessional Healthcare yang digelar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM). Bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan Farmasi, mereka disebar di sejumlah puskesmas di Kulonprogo. 

Summer Course kali ini mengangkat tema “Environmental Sustainability for Healthier and Happier Life”. Peserta terdiri atas 60 mahasiswa UGM dan non-UGM. Selain itu ada 154 mahasiswa asing dari berbagai kampus di luar negeri. 
 
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua pekan mulai 31 Oktober sampai 11 November 2022. Peserta awalnya ikut kuliah dengan menghadirkan 12 nara sumber dari berbagai negara. Sedangkan praktik kesehatan dilaksanakan di 10 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Kulonprogo.  
 
Dosen Pembimbing Lapangan Pengasih 1, Tony Arjuna, mengatakan, selama terjun di masyarakat, peserta mengikuti berbagai kegiatan pelayanan di puskesmas, posyandu, edukasi kesehatan gigi bagi siswa SD, serta pendampingan dan penyuluhan pada warga pengelolaan limbah sampah. Mahasiswa juga tinggal bersama dengan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini mahasiswa bisa belajar langsung terkait pelayanan kesehatan di masyarakat dan juga bisa memberikan masukan untuk pelayanan yang lebih baik kedepannya,” katanya saat kunjungan lapangan di Dusun Kroco, Desa Sendangsari, Kapanewonan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (8/11/2022). 

Dalam peninjauan kali ini dilakukan di SD Gebangan untuk melihat proses edukasi kesehatan gigi, posyandu Kenanga, Bank Sampah Dhuawar Sejahtera dan Kelompok Wanita Tani Ngrembuyung-Klegen.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: