3 Truk dan Alat Berat Terjebak Banjir di Sungai Progo

Budi Utomo ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 12:59:00 WIB
3 Truk dan Alat Berat Terjebak Banjir di Sungai Progo
Warga dari kejauhan melihat truk dan alat berat yang terendam banjir di Sungai Progo. (foto; iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id – Sebuah alat berat (backhoe) dan tiga buah truk terjebak banjir di aliran Sungai Progo, tepatnya di Pedukuhan Kujon, Kalurahan Kranggan, Kapanewon Galur, Kulonprogo dini hari tadi. Banjir juga merendam sepeda motor danm menghanyutkan karamba maupun mesin sedot pasir. 

Penambangan pasir di aliran Sungai Progo ini di wilayah Kapanewon Galur sudah berlangsung sejak lama. Setiap hari ada puluhan truk yang mengambil pasir di lokasi penambangan yang menggunakan alat berat dan mesin sedot. Banyak truk yang mengantri sejak malam untuk diisi pada pagi harinya. Seperti yang dilakukan tiga truk yang terjebak banjir ini. 

Namun apes, dini hari tadi ada banjir kiriman dari arah hulu yang merendam truk dan alat berat. Truk ini sengaja ditinggal pemiliknya. Sedangkan di lokasi hanya ada petugas jaga malam untuk mengamankan alat berat. 

“Kalau banjir sudah sejak sore, tetapi sekitar Pukul 02.00 WIB airnya sudah besar dan merendam,” kata Slamet, salah satu korban.

Slamet kemudian membangunkan temannya yang mendapat jatah jaga malam. Mereka sudah tidak bisa bergerak ke daratan karena terkepung banjir. Upaya meminta tolong warga juga tidak membuahkan hasil karena sudah dini hari. Barulah usai Subuh banyak warga yang berdatangan.  

“Airnya cukup dalam, sedangkan jarak ke tepi cukup jauh,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2