5 Destinasi Wisata di Sleman Ditutup pada Hari Pertama Lebaran, Festival Lampion Ditunda

Priyo Setyawan · Rabu, 12 Mei 2021 - 19:25:00 WIB
5 Destinasi Wisata di Sleman Ditutup pada Hari Pertama Lebaran, Festival Lampion Ditunda
Pengunjung di objek wisata Kaliurang Kabupaten Sleman dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki pintu gerbang. (Foto: Dispar Sleman)

SLEMAN, iNews.id – Lima destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman akan ditutup pada hari pertama Lebaran. Objek wisata ini akan kembali dibuka pada hari kedua atau Jumat (14/5/2021). 

Kelima destinasi yang tutup pada hari pertama lebaran ini, Tlogoputri dan Gardu Pandang Kaliurang, Candi Ijo, Candi Sambisari, dan Candi Banyunibo.  Pemkab Sleman juga meniadakan Festival Lampion di Gardu Pandang Kaliurang. Festival akan dilaksanakan usai Lebaran dengan melihat kondisi penularan Covid-19. 

“Ada lima yang kami tutup pada hari pertama Lebaran. Kalau lainnya tetap buka,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Suci Iriani Sinuraya, Rabu (12/5/2021). 

Objek wisata yang buka, wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, cek suhu badan. Selain itu pengunjung dan pengelola juga diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindair kerumunan. 
 
Suci mengatakan, objek yang buka merupakan objek wisata yang berada di zona hijau dan kuning. Sedangkan zona merah dan oranye tetap belum dibuka. Penentuan zonasi ini mendasarkan pada zonasi setiap pedukuhan.  

“Penutupan ini, mengacu kebijakan pimpinan dengan memperhatikan angka sebaran Covid-19 di DIY yang relatif masih tinggi dan dinamika arus mudik, serta untuk mencegah peningkatan kasus di Sleman,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2