5 Mahasiswa UGM Ini Keren Lho, Mampu Kembangkan Mikroalga Jadi Bahan Minyak Goreng

Antara ยท Jumat, 16 September 2022 - 10:58:00 WIB
5 Mahasiswa UGM Ini Keren Lho, Mampu Kembangkan Mikroalga Jadi Bahan Minyak Goreng
Mahasiswa UGM mengembangkan riset pemanfaatan mikroalga sebagai bahan alternatif pembuatan minyak goreng. (Foto : HO/UGM)

YOGYAKARTA, iNews,id - Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini patut diacungi jempol. Mereka mengembangkan riset pemanfaatan mikroalga sebagai bahan alternatif pembuatan minyak goreng.

"Proses ekstraksi minyak dari biomassa kering mikroalga sangat mudah dengan kualitas minyak yang cukup baik menyamai kualitas minyak goreng yang umum di pasaran," kata Fikri Ramadhan, mahasiswa Jurusan Biologi UGM angkatan 2019 melalui keterangan tertulisnya dikutip Jumat (16/9/2022).

"Hal ini sesuai dengan fakta bahwa mikroalga memang mengandung kandungan lemak dalam jumlah banyak sehingga menjadikan produk ini ekonomis," kata Fikri.

Produk riset bernama "Choil atau Chlorella Healthy Frying Oil" itu dikembangkan oleh Fikri bersama Jody Ashrib Satriayudistira (mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2019), Lathief Al Umami (Jurusan Biologi angkatan 2019), Anindya Destifany Salsabila (Jurusan Kimia angkatan 2019), dan Mohammad Yuzer Irosoneri (Jurusan Teknik Kimia angkatan 2020).

Kelima mahasiswa itu berhasil melakukan ekstraksi minyak dari biomassa kering mikroalga Chlorella vulgaris di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Biologi UGM dan Laboratorium Proses Pemisahan Departemen Teknik Kimia UGM.

Fikri Ramadhan menambahkan bahwa Chlorella vulgaris juga memiliki potensi untuk dapat digunakan sebagai bahan alternatif pengganti kelapa sawit dalam pembuatan minyak goreng.

Secara umum, menurut dia, mikroalga dikenal dapat menghasilkan minyak paling banyak dengan luas lahan lebih sedikit dibandingkan tanaman terestrial yang dikenal saat ini.

Ia menambahkan apabila dikembangkan secara luas maka minyak goreng dari mikroalga ini bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng di pasaran dan lebih ramah lingkungan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: