8 Parpol di Yogyakarta Terima Bantuan Keuangan Senilai Rp770 Juta

Antara ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 19:00:00 WIB
8 Parpol di Yogyakarta Terima Bantuan Keuangan Senilai Rp770 Juta
Pemkot Yogyakarta memberikan bantuan keuangan kepada parpol senilai Rp770 juta (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota Yogyakarta telah mengalokasikan anggaran senilai Rp770 juta sebagai bantuan keuangan kepada partai politik (parpol). Bantuan ini telah terdistribusikan ke delapan parpol dan tinggal pengawasan penggunaanya. 
 
Sudah disalurkan pada bulan Mei dan Juni. Sekarang lebih kepada pengawasan penggunaanya,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta Budi Santosa, Selasa (16/8/2022). 

Dana bantuan ini sudah ditransfer langsung ke rekening partai politik. Partai penerima mendapatkan jumlah yang beragam tergantung perolehan kursi dan suara di DPRD.  Satu suara dinilai dengan Rp3.446. 

Bantuan ini diberikan kepada delapan parpol yang memiliki wakil di DPRD kota Yogyakarta, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Nasdem, PPP, dan Partai Demokrat.  

”Dana ini harus dipakai sesuai dengan program dan perencanaan yang sudah disusun setiap partai politik dengan penekanan pada kegiatan pendidikan politik,” katanya.

Seluruh parpol yang menerima bantuan keuangan juga wajib membuat laporan penggunaan anggaran. Sehingga distribusi bantuan ini sesuai dengan kaidah akuntansi yang baik sebagai bentuk akuntabilitas. 

“Penyusunan laporan harus sesuai dengan target yang sudah ditetapkan dan laporan keuangan mendapat opini wajar tanpa pengecualian. Bantuan ini nantinya juga akan diaudit oleh BPK,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: