9 Madrasah Berjaya di Kompetisi Robot Kemenag yang Digelar di UNY

Ainun Najib ยท Kamis, 24 November 2022 - 17:05:00 WIB
 9 Madrasah Berjaya di Kompetisi Robot Kemenag yang Digelar di UNY
Kompetisi Robotik Madrasah resmi ditutup. Sebanyak sembilan madrasah tampil sebagai juara satu yang terbagi dalam tiga kategori di tiga jenjang berbeda. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 resmi ditutup Rabu (23/11/2022) malam. Penutupan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M Nizar Ali di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  

“Suatu hal yang membanggakan, anak madrasah kini memiliki kapasitas mengagumkan dalam teknologi robotik. Ini bukan hanya omong kosong, tapi fakta dan realitas," kata M Nizar Ali. 

Dia mengaku bangga dengan kepiawaian anak-anak madrasah dalam hal robotik dan meminta mereka terus mengukir prestasi.

Nizar Ali berharap event seperti ini menjadi stimulus bagi siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika sehingga bisa terus mengembangkan transformasi digital.

"Salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah transformasi digital. Maka robotika menjadi bagian penting dalam mewujudkan transformasi digital," ujar guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Sementara itu Direktur Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Moh Isom menyebut apa yang telah dicapai madrasah menjadi peluang kemungkinan bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. 

"Harapan kami bisa diproduksi secara masif dan akhirnya robot ini dapat mempermudah kehidupan kita,“ ujarnya dalam siaran pers yang diterima iNews.id. 

Dalam kompetisi itu sembilan madrasah tampil sebagai juara satu yang terbagi dalam tiga kategori di tiga jenjang berbeda. 

Di kategori Beetle Robot, juara pertama diraih MI Al-Layyinah, MTSN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi, masing-masing menjadi yang terbaik untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Sementara untuk kategori Robot Inovasi, juara 1 diraih MI Al-Layyinah, MTSN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi, yang mendominasi pada jenjangnya masing-masing. 

Sedangkan di kategori Mobile Robot, juaranya 1 di masing-masing jenjang adalah MI Al-Lathif, MTs Negeri 3 Kota Kediri, dan MAN 1 Gresik.

Para juara akan membawa pulang tropi penghargaan, peralatan robotik, dan uang pembinaan dengan jumlah total Rp250 juta.

Gelaran kali ini menampilkan 180 robot dari 180 madrasah se-Indonesia dari tiga jenjang, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, dengan total jumlah peserta mencapai 360 orang.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: