95,48 Persen Warganya Tercover BPJS, Pemkab Klaten Raih Penghargaan UHC

Saeful Efendi · Jumat, 29 Juli 2022 - 20:20:00 WIB
95,48 Persen Warganya Tercover BPJS, Pemkab Klaten Raih Penghargaan UHC
Pemkab Klaten menerima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan. (foto: iNews.id/Saeful Efendi)

KLATEN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berhasil mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) di pertengahan tahun 2022 ini. Sekitar 95,48 penduduknya telah tercover jaminan kesehatan. 

Penghargaan UHC ini diserahkan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Ali Gufron Mukti kepada Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendopo Bupati Klaten, Jumat (29/7/2022). UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total penduduk telah menjadi peserta JKN.

“Saya sangat mengapresiasi capaian UHC di Kabupaten Klaten. Ini menjadi wujud komitmen dan kehadiran pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya,” kata Ghufron.

Data BPJS Kesehatan, sebanyak 1.218.778 warga Klaten resmi terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.276.535 jiwa atau sebesar 95,48 persen. UHC ini akan semakin dirasakan manfaatnya oleh peserta apabila disertai dengan peningkatan kualitas dan layanan. 

BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN. Mulai dari Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), antrean online, konsultasi online, skrining riwayat kesehatan, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), dan lainnya. 

“Dibutuhkan dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholder tentang Program JKN ini,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: