98 Persen RT di Gunungkidul Masuk Zona Hijau, Hajatan Wajib dengan Prokes Covid-19

Suharjono · Kamis, 18 Februari 2021 - 11:24:00 WIB
98 Persen RT di Gunungkidul Masuk Zona Hijau, Hajatan Wajib dengan Prokes Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id Dinas Kesehatan Gunungkidul memberi lampu hijau dalam pelaksanaan hajatan warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dari 6.919 rukun tetangga (RT), 98 persen masuk zona hijau atau aman dari Covid-19. 

"Nyaris semua hijau untuk Gunungkidul, hanya ada beberapa yang masuk zona kuning," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawati, Kamis (18/2/2021).

Dewi mengatakan, dari keseluruhan RT di Gunungkidul 6.786 RT masuk dalam zona hijau. Hanya 132 RT yang masuk kategori zona kuning. Untuk itulah masyarakat harus tetap waspada. Jangan sampai justru lengah dan membuat kerumunan yang rawan menimbulkan klaster Covid-19.

“Penambahan kasus juga turun, namun ini sementara karena akan kita evaluasi setiap minggu. Mudah-mudahan ke depan semuanya masuk zona hijau,” katanya.

Dewi mengatakan,perubahan zona ini akan bersifat dinamis. Semuanya tergantung dari masyarakat, khususnya yang terpapar. Karena untuk penentuan zona ada beberapa aturan dan ketentuan. Asalkan protocol kesehatan dijalankan dengan baik, kasus akan bisa ditekan.  

"Semua harus waspada dan sebisa mungkin mencegah dan menjaga. Kalau tidak penting ya di rumah saja. Hindari kerumunan, pakai masker baik di rumah maupun bepergian," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2