Ada 6 Sapi Terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku, 2 Pasar Hewan di Gunungkidul Ditutup

erfan erlin ยท Senin, 30 Mei 2022 - 11:25:00 WIB
Ada 6 Sapi Terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku, 2 Pasar Hewan di Gunungkidul Ditutup
Dinas Peternakan Gunungkidul menutup dua pasar hewan besar untuk mencegah penularan Penyakit kuku dan mulut (PMK). (Foto:MPI/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dua pasar hewan besar di  Kabupaten Gunungkidul terpaksa ditutup usai penemuan 6 sapi yang terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Dua pasar ini adalah Pasar Siyonoharjo, Playen dan Pasar Munggi, Semanu, Gunung Kidul.

Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Wibawanti Wulandari mengatakan, agar tidak cepat menyebar, maka pihaknya memutuskan untuk menutup sementara dua Pasar Hewan Siyonoharjo dan Munggi. Di kedua pasar ini lalu lintas hewan ternak cukup besar.

"Dua pasar ini memang transaksinya cukup besar dan jadi rujukan, makanya kami tutup sementara untuk mencegah penularan," kata dia, Senin (30/5/2022).

Wibawanti mengatakan, untuk temuan 6 sapi yang diduga terjangkit PMK, sudah dilaporkan ke pusat data. Saat ini sapi tersebbut masih menjalani karantina dan diobati petugas dari Dinas Peternakan Gunungkidul.

Sampai saat ini dinas masih melakukan penelusuran terkait asal sapi yang diduga terjangkit PMK tersebut. Namun berdasarkan keterangan pedagang, sapi-sapi tersebut berasal dari beberapa tempat.

"Ada dari beberapa tempat. Tetapi saya belum bisa memastikan bahwa sapi ini sudah lama dipelihara di Gunungkidul atau dari luar," kata dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: