Ada yang Positif Covid-19, Warga di Turi Swab Massal

Priyo Setyawan ยท Senin, 14 Juni 2021 - 21:21:00 WIB
 Ada yang Positif Covid-19, Warga di Turi Swab Massal
Petugas melakukan rapid test kepada warga Nglempong Ngemplak 2, Umbulmaartani, Ngemplak, Sleman, Kamis (27/5/2021). (Foto MNC Portal/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id-Penularan Covid-19 terus meluas di wilayah Sleman. Kali ini terjadi di Padukuhan Kendal, Bangunkerto, Turi, Sleman.

Dari informasi, kasus itu berawal saat ada warga yang memeriksa mandiri, karena di kantornya ada yang positif.  Selanjutnya dilakukan swab PCR dan hasilnya positif. 

Namun saat menunggu hasilnya, yang bersangkutan tidak karantina dan tetap beraktivitas mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan. Sehingga menulari ke beberapa tetangga yang ikut kegiatan bersamanya.

Satgas Covid-19 setempat kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penelusuran kontak erat dan dilakukan swab PCR massal, Senin (14/6/2021).


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan untuk kasus di Kendal, Bangunkerto, Turi, belum bisa dikatakan klaster. Sebab baru ketemu yang kontak erat dan hasil swab massal belum diketahui.
 
“Selain baru ketemu beberapa kasus serta pola penularannya belum jelas dan baru dilakukan swab massal, belum bisa dikatakan klaster,” katanya.

Joko menjelaskan kasus di padukuhan itu awalnya baru satu kasus. Namun karena yang bersangkutan mengikuti kegiatan sosial masyarakat, sehingga meluas dan berkembang  menjadi 11 kasus. Selanjutnya dilakukan tracing dan testing massal, Senin (14/6/2021). 

“Hari ini baru dilakukan swab massal. Untuk hasilnya masih menunggu,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2