Akses Transportasi Terbatas, TNI AU Jemput Bola saat Vaksin Warga Gunungkidul dan Kulonprogo

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 28 Agustus 2021 - 20:49:00 WIB
  Akses Transportasi Terbatas, TNI AU Jemput Bola saat Vaksin Warga Gunungkidul dan Kulonprogo
TNI AU menjemput warga yang hendak vaksin akibat keterbatasan transportasi. (Foto : Dok Pentak Lanud Adisutjipto)

GUNUNGKIDUL, iNews.id-Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menjemput warga Gunungkidul dan Kulonprogo yang hendak mengikuti vaksinasi. TNI AU menggelar serbuan vaksinasi di dua tempat yakni Lapangan Terbang (Lapter) Gading, Playen, Gunungkidul dan di Yogyakarta International Airport  (YIA), Temon, Kulonprogo.

Kepala Dinas Operasi (Kadiops) Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Sukarno mengatakan, setelah melakukan inventarisasi ada beberapa warga yang kesulitan transportasi menuju tempat serbuan vaksin.  

Sebagai solusinya maka, bagi warga yang kesulitan akses TNI AU menjemput mereka. Untuk penjemputan ini mengunakan bus dan truk.

“Mengantar dan menjemput dilakukan karena ada masyarakat yang kesulitan untuk menggunakan sarana transportasi,” kata Sudarno saat memantau pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapter Gading, Playen, Gunungkidul, Sabtu (28/8/2021).

Serbuan vaksin dosis pertama di Lapter Gading dan YIA berlangsung selama empat hari, yani Rabu (25/8/2021) hingga Sabtu (28/8/2021). Hingga hari terakhir tercatat ada 26.627 orang yang menerima vaksinasi dari target 20.000 peserta. Para peserta didominasi usia remaja hingga lansia.

Kegiatan vaksinasi tersebut melibatkan 140 Tenaga Kesehatan (Nakes), dari Yonkes Denma Mabesau, RSPAU dr. S. Hardjolukito, Akademi Angkatan Udara (AAU), Lanud Adisutjipto, Lanud Adi Sumarmo, Lanud Iswahjudi, Denhanud 474 Paskhas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY. Untuk keamanan dan kelancaran serta mobilitas para peserta vaksin Lanud Adisutjipto menerjunkan 200 personel.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: