Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Spesialis SPBU Dibekuk Polisi

Gunanto Farhan ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 12:30 WIB
 Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Spesialis SPBU Dibekuk Polisi
Ilustrasi pencurian. (Foto: Shutterstock)

SLEMAN, iNews.idAksi pencurian uang di salah satu SPBU di Mlati, Sleman, DIY terekam kamera CCTV. Polisi berhasil mengamankan tersangka SR (38) warga Klaten, Jawa Tengah yang sudah kerap beraksi di sejumlah SPBU.

“Begitu ada laporan kita bergerak cepat mengamankan pelaku,” kata Kapolsek Mlati, Kompol Hariyanto, Rabu (24/6/2020).

Dalam aksinya, pelaku awalnya membeli bahan bakar layaknya konsumen biasa. Setelah tangki motornya diisi, dia akan memajukan motornya dan berupaya menyalakan mesin motor. Begitu petugas lengah, pelaku langsung membuka kotak uang dan kabur dengan sepeda motornya.

Saat itu, pelaku berhasil menggondol uang tunai sebesar Rp12,8 juta. Namun aksinya terekam kamera CCTV, lengkap dengan nopol kendaraanya yang digunakan pelaku. Dari rekaman inilah petugas berhasil mengidentifikasi pelaku yang diamankan di rumahnya.

“Pengakuannya sudah lima kali mencuri dengan sasaran beberapa SPBU,” katanya.

Sebelum beraksi, pelaku akan mempelajari SPBU yang menjadi sasarannya. Dia akan melihat lokasi penyimpanan uang dan waktu yang tepat untuk beraksi. Selama ini dia beraksi seorang diri.

“Sebelum mencuri saya tentukan sasaran yang mudah,” kata SR.

Uang hasil pencurian habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dia mengaku mencuri karena terdesak secara ekonomi karena tidak memiliki pekerjaan pasti.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya sebuah sepeda motor, jaket warna hitam yang dipakai saat mencuri dan sebuah telepon genggang yang dibeli dari hasil pencurian. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi