Aneka Kuliner Tradisional dari Cenil hingga Adrem Tersedia di Pasar Lawas Mataram

Antara ยท Senin, 29 Agustus 2022 - 08:21:00 WIB
Aneka Kuliner Tradisional dari Cenil hingga Adrem Tersedia di Pasar Lawas Mataram
Suasana kegiatan Pasar Lawas Mataram di Desa Jagalan, Banguntapan, Bantul. Di Pasar Lawas ini tersedia berbagai jajajan pasar tradisional. (Foto : Humas Pemkab Bantul)

BANTUL, iNews.id - Berbagai jajanan lawas alias tradisional tersedia di Pasar Lawas Mataram Desa Jagalan, Banguntapan, Bantul ini. Event yang dilaksanakan mulai 26  hingga 28 Agustus ini sebagai upaya mewujudkan pelestarian budaya adiluhung.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih  memberikan apresiasi kepada masyarakat Jagalan, Kecamatan Banguntapan, karena kekompakan dan semangat gotong royongnya. 

"Acara Pasar Lawas Mataram ini bisa sebagai wujud pelestarian budaya adiluhung," kata Halim Muslih melalui keterangan tertulis di Bantul, Minggu (28/8/2022).

Apalagi, Kabupaten Bantul sebagai poros peradaban Mataram Islam memiliki banyak peninggalan, salah satunya kuliner, karena itu untuk mengenang kejayaan Mataram Islam digelar Pasar Lawas Mataram di halaman Masjid Mataram Kotagedhe, Jagalan, Bantul.


"Inilah kebudayaan yang diwariskan leluhur kita. Saya menyaksikan warga Jagalan yang luar biasa ini telah menunjukkan identitasnya sebagai warga Ngayogyakarta Hadiningrat yang memiliki budaya adiluhung," katanya.

Sementara itu, Lurah Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan Gono Santoso mengatakan meski sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, tahun ini Pasar Lawas Mataram dapat digelar untuk kelima kalinya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: