Angka Kecelakaan di DIY Tertinggi ke-4 secara Nasioal, Pembatas Jalan Akan Diperbanyak

erfan erlin ยท Sabtu, 24 September 2022 - 08:51:00 WIB
Angka Kecelakaan di DIY Tertinggi ke-4 secara Nasioal, Pembatas Jalan Akan Diperbanyak
Angka kecelakaan di DIY tertinggi nomor 4 se Indonesia. Ini terungkap dalam dialog Optimalisasi Peran FKKL dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan, Jumat (23/9/2022). (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Luas wilayah DIY berada di urutan kedua terkecil di Indonesia namun angka kecelakaannya justru terbanyak keempat. Ironisnya, angka kecelakaan lalu lintas ada kecenderungan mengalami kenaikan. 

Berdasarkan data yang ada di Jasa Raharja Cabang DIY, sejak Januari hingga Agustus 2022 ini, jumlah korban kecelakaan sebanyak 3.538 jiwa atau mengalami kenaikan sebesar 38,85 persen dibanding tahun 2021. 

Sebanyak 10 Kecamatan menduduki angka kecelakaan tertinggi. Kecamatan tersebut adalah Sewon Bantul, Depok Sleman, Kecamatan Bantul, Banguntapan Bantul, Kasihan Bantul, Gamping Sleman, Kalasan Sleman, Wonosari Gunungkidul, Kecamatan Ngaglik Sleman dan Kecamatan Melati Sleman.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda DIY AKBP Jan Benjamin mengatakan untuk menyikapi tingginya angka kecelakaan lalu lintas, lima pilar pengemban lalu lintas menyelenggarakan dialog bagaimana mencegah terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas di Wilayah DIY. Hasil dari dialog tersebut akan segera mereka implementasikan di lapangan.

"Untuk menekan angka kecelakaan di DIY perlu kolaborasi bersama antar instansi pemerintah dan masyarakat," kata dia, Jumat (23/9/2022).

Menurutnya, penyebab terjadinya kecelakaan  ada banyak faktor. Namun, yang paling dominan adalah karena infrastruktur, manusia, dan kendaraan. Secara spesifik, ia membeberkan bahwa jalan raya yang tidak ada pembatasnya ternyata sering terjadi kecelakaan seperti Jalan Parangtritis.

Kecelakaan itu terjadi karena pengemudi kendaraan bermotor ngebut dan terjadilah tabrakan dari arah berlawanan. Karena itu, pihaknya akan membuat kajian mendalam dengan melibatkan instansi terkait dan akademisi mengenai efektifitas pembatas jalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Salah satu upaya yang berhasil mereka lakukan dan mampu menekan angka kecelakaan serta menurunkan angka fatalitas menjadi 0% adalah dengan membuat pembatas jalan di tengah jalan. Seperti di Jalan Bantul ruas Cepit sampai Klodran.

"Terbukti di Jalan Bantul, di gapura selamat datang, sejak dipasangi barier atau pembatas jalan angka kecelakaan turun dan fatalitas menjadi 0  persen,"ujar dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: