Antisipasi Hepatitis Akut, Sleman Aktifkan Tim Surveilans

Antara · Jumat, 13 Mei 2022 - 10:26:00 WIB
 Antisipasi Hepatitis Akut, Sleman Aktifkan Tim Surveilans
Dinkes Sleman mengaktifkan tim surveilans di seluruh puskesmas untuk antisipasi hepatitis akut. (Foto Ilustrasi: Reuters)

SLEMAN, iNews.id- Dinkes Sleman mengaktifkan tim surveilans di seluruh puskesmas. Langkah ini untuk mengantisipasi masuknya penyakit hepatitis akut di wilayah utara DIY tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama menyebut hingga saat ini belum ada laporan temuan kasus hepatitis akut di Sleman.

"Namun kami minta seluruh puskesmas untuk melakukan pengamanan jika ada masyarakat yang memiliki keluhan seperti hepatitis akut," kata Cahya Purnama dikutip dari Antara, Jumat (13/5/2022).

Menurut dia, tim surveilans di masing-masing puskesmas ini bertugas untuk melakukan pengamatan pasien yang memiliki gejala, seperti mata menguning, buang air besar tidak normal dan urine berwarna kuning pekat dan gejala lainnya dari hepatitis akut.

"Kami memang belum membentuk satuan tugas tingkat kabupaten, namun kami telah mengaktifkan tim gerak cepat jika ada laporan gejala hepatitis," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: