Asyik, Gunungkidul Dapat Bantuan Instalasi Pengolahan Air Seropan

Antara ยท Rabu, 29 Desember 2021 - 09:04:00 WIB
 Asyik, Gunungkidul Dapat Bantuan Instalasi Pengolahan Air Seropan
Pegawai PDAM memperbaiki pipa di Gua Seropan, gunungkidul. (foto: Inews.id/Kismaya wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Kabar baik, Pemkab Gunungkidul mendapat bantuan instalasi pengolahan air untuk Sumber Air Baku Sungai Bawah Tanah Seropan dari Kementerian PUPR pada 2022. Dengan bantuan ini masyarakat sekitar tak kawatir lagi kekurangan air bersih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan bantuan instalasi pengolahan air (IPA) diberikan pasca kunjungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu di sela-sela liburannya di DIY.

"Saat kunjungan kerja ke Gunung Kidul pada Kamis (23/12), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berjanji akan memberikan bantuan IPA kepada Gunung Kidul untuk mendongkrak pemanfaatan Sumber Air Baku Sungai Bawah Tanah Seropan pada 2022," kata Irawan Jatmiko di Gunungkidul, Selasa (28/12/2021).

Dia mengatakan pada saat kunjungan Menteri PUPR, Bupati Gunungkidul Sunaryanta memaparkan kendala teknis pemanfaatan Sumber Air Baku Sungai Bawah Tanah Seropan, sehingga air yang disalurkan kepada masyarakat tidak bisa maksimal. Sehingga setiap tahunnya, masyarakat Gunungkidul kekurangan air bersih.

Sumber Air Baku Sungai Bawah Tanah Seropan memiliki debit air mencapai 950 liter per detik, namun saat ini baru dimanfaatkan dengan kapasitas 175 liter per detik.

"Kami berharap bantuan IPA dari Kementerian PUPR bisa menaikan pemanafaatan Sumber Air Baku Sungai Bawah Tanah Seropan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: