Aturan Mahasiswa Pendatang yang Kembali ke Yogyakarta Masih Dibahas

Agregasi Harianjogja ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 08:15 WIB
Aturan Mahasiswa Pendatang yang Kembali ke Yogyakarta Masih Dibahas
Ilustrasi mahasiswa

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota Yogyakarta sedang menyiapkan regulasi mengenai pedoman bagi mahasiswa yang berniat kembali ke wilayahnya. Rencananya prosedur itu baru rampung digarap minggu ini.

"Secara detail masih kami susun. Insyaallah pekan ini kalau tidak awal pekan depan sudah selesai," ujar Wakil Wali Kota Yogya Heroe Poerwadi, Senin (15/6/2020).

Heroe menuturkan, saat ini tengah berkoordinasi dengan sejumlah rektor untuk prosedur yang nantinya akan diberlakukan. Sejauh ini perkuliahan belum berjalan sehingga Pemkot Yogya baru mengkonsolidasikan dengan daerah lainnya.

"Sebagian kampus-kampus kan baru mulai masuk September. Jadi sekarang kami mencoba mengkonsolidasikan aturan tersebut dengan pemerintah kabupaten lainnya baik dengan Sleman, dan Bantul. Kami harap semua daerah punya regulasi yang sama supaya tidak berbeda-beda," kata Heroe.

Mahasiswa yang kembali ke Yogya, nantinya diharuskan membawa sejumlah dokumen berdasarkan daerah asal masing-masing mahasiswa. Jika mahasiswa tersebut berasal dari zona merah atau hitam, Pemkot Yogya sedang mempersiapkan regulasinya agar mereka juga membawa hasil tes PCR. Artinya, hasil tes tersebut membuktikan jika mahasiswa sudah diperiksa sebelumnya.

"Ini yang kami harapkan. Ini yang harus didiskusikan bareng-bareng oleh pemerintah kota maupun kabupaten daerah merah untuk menyiapkan tes pcr atau swab test bagi mahasiswa yang ingin kembali ke ke Yogya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Kota Jogja Siapkan Regulasi untuk Pendatang Mahasiswa di Tengah Pandemi"


Editor : Nani Suherni