Australia Bangun Kerja Sama Keamanan Kesehatan dengan Pemkab Kulonprogo

Kuntadi · Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:30:00 WIB
Australia Bangun Kerja Sama Keamanan Kesehatan dengan Pemkab Kulonprogo
PJ Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana menyerahkan cinderamata kepada perwakilan AIHSP. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) bekerja sama dengan Pemkab Kulonprogo dalam implementasi program keamanan dan kesehatan. Untuk tahap awal akan dipilih dua kapanewon sebagai pilot project. 

Program ini akan bergerak secara lintas sektoral berupa pelatihan tenaga kesehatan baik di puskesmas maupun puskeswan. Selain itu juga pada upaya menjaga kesehatan lingkungan. 

“Health security tidak hanya mencakup kesehatan manusia saja, melainkan juga melingkupi aspek kesehatan hewan dan juga kesehatan lingkungan,” kata Provincial Coordinator Yogyakarta AIHSP, Ferry Anggoro Suryokusumo, usai audiensi dengan Penjabat Bupati Kulonprogo  Tri Saktiyana di Kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (30/8/2022). 

AIHSP akan memilih dua kapanewon sebagai pilot project untuk mengimplementasikan kegiatan. Isu awal yang diangkat saat ini pada penanganan Covid-19, penyakit mulut dan kuku (PMK) serta antraks.  
 
“Selain koordinasi, juga dilakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan bisa Puskemas, bisa Puskeswan,” katanya. 

Kulonprogo dipilih karena menjadi lalu lintas ternak. Permasalahan lalu lintas ini harus diselesaikan dengan baik di lintas batas. Selain itu juga sempat ditemukan adanya kasus penyakit antraks.    

“Program ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu kesehatan manusia, hewan dan kesehatan lingkungan akan semakin tinggi,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: