Badai Covid-19 Landa Myanmar, Banyak yang Meninggal karena Tak Dapat Oksigen

Anton Suhartono ยท Senin, 12 Juli 2021 - 21:14:00 WIB
 Badai Covid-19 Landa Myanmar, Banyak yang Meninggal karena Tak Dapat Oksigen
Kasus kematian akibat Covid-19 di Myanmar tinggi. Banyak pasien yang meninggal akibat tak mendapat oksigen. (Foto : Reuters)

YANGON, iNews.id - Badai Covid-19 landa Myanmar. Negara itu pada Minggu melaporkan penambahan 3.461 kasus baru sehingga totalnya menjadi 192.213 orang. Kasus kematian juga bertambah 82 menjadi 3.838 orang. 

Para pakar kesehatan mengatakan, kasus infeksi yang sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi mengingat masih rendahnya tes Covid-19, apalagi negara itu dilanda krisis politik yang memicu demonstrasi besar selama beberapa bulan.

Otoritas militer berjanji menambah pasokan oksigen bagi pasien Covid-19, di tengah kelangkaan pasokan akibat tingginya permintaan.

Juru bicara Angkatan Darat Zaw Min Tun mengatakan, pemerintah sedang mempersiapkan 14 lokasi yakni rumah sakit militer sebagai tempat perawatan pasien Covid-19. Selain itu fasilitas oksigen akan dioperasikan dalam kapasitas penuh untuk memenuhi kebutuhan.

Seorang perwakilan Kementerian Kesehatan Myanmar mengatakan, pasokan oksigen perlu diawasi untuk menghindari penimbunan.

"Beberapa orang mungkin tidak terjangkit Covid-19, tapi menimbun sejumlah besar tabung di rumah mereka," kata pejabat itu.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan antrean panjang warga di Kota Yangon untuk mengisi ulang tabung oksigen. Seorang penduduk mengaku telah menyewa tabung oksigen dan mengisi ulang pada akhir pekan lalu setelah ayahnya sesak napas. Namun setelah habis, dia kebingungan mencari persediaan.

"Bagaimana jika kami tidak bisa mendapatkan oksigen dan ayah saya meninggal," kata pria berusia 24 tahun, yang meminta namanya tak disebutkan, dikutip dari Reuters, Senin (12/7/2021).

Penduduk lain mengatakan, banyak warga terpaksa menggunakan tabung oksigen dari industri pengelasan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2