Bahas Pemulihan Sektor Seni dan Budaya, Menteri Kebudayaan G20 Kumpul di Borobudur

Kuntadi ยท Minggu, 11 September 2022 - 20:12:00 WIB
Bahas Pemulihan Sektor Seni dan Budaya, Menteri Kebudayaan G20 Kumpul di Borobudur
Dirjend Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid saat memberikan keterangan di Kepatihan Yogyakarta (foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menggelar pertemuan pejabat tinggi G20 di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Para Menteri bidang kebudayaan ini akan membahas berbagai upaya kebangkitan seni dan budaya

Pertemuan ini akan dipimpin Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Indonesia akan menyerukan dunia untuk saling bergotong royong mempraktikkan hidup berkelanjutan dan mengakselerasi pemberdayaan, perkembangan ekonomi berbasis seni dan budaya. 

Menurutnya, sektor seni dan budaya turut terdampak pandemi Covid-19. Untuk itulah pentingnya realisasi Dana Global untuk Pemulihan Seni dan Budaya (Global Arts and Culture Recovery Fund/GACRF) yang diinisiasi Presidensi Indonesia. 

“Harapannya, pembahasan dana global ini dapat dilanjutkan India sebagai pemangku Presidensi G20 berikutnya,” jelas Menteri Nadiem dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/9/2022).

Nadiem juga akan mengajak para delegasi dan masyarakat umum dalam berbagai perhelatan budaya di Kawasan Candi Borobudur dan desa-desa di sekitarnya. Kegiatan itu di antaranya, Ruwatan Bumi yakni sebuah pagelaran ritus massal yang bertujuan untuk memulihkan dunia. 

Selain itu juga akan ada Indonesia Bertutur, G20 Orkestra Borobudur, Kirab Budaya, Rapat Raksasa, dan beragam kegiatan budaya lain yang melibatkan  lebih dari 2.500 seniman, pelaku budaya, dan masyarakat dari Indonesia dan negara sahabat.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: