Bandara YIA Dilengkapi Layanan SOS, Mudahkan Penyandang Disabilitas Naik Pesawat

KULONPROGO, iNews.id - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) meluncurkan layanan SOS untuk membantu penyandang disabilitas dalam mengakses layanan di Bandara. Layanan ini diklaim yang pertama di bandara di seluruh Indonesia.
“Layanan ini untuk disabilitas yang ingin mengakses layanan di bandara. Ini baru pertama di Indonesia,” kata General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, di sela launching Layanan SOS, Rabu (28/12/2022).
Layanan terletak di depan terminal keberangkatan, berupa tombol yang dilengkapi dengan micropon. Bagi disabilitas tinggal memencet tombol yang secara otomatis terhubung ke customer service yang dituju. Nantinya akan ada petugas yang datang dan membantu melayani disabilitas yang datang sendiri.
Layanan ini akan diberikan mulai dari proses check-in, layanan antrean di daftar tunggu hingga siap ke pesawat untuk berangkat. Sebelumnya terminal dan area bandara sudah dilengkapi dengan fasilitas bagi disabilitas.
“Layanan ini juga bisa diakses penumpang dalam kondisi darurat. Misalnya sesak napas tinggal pencet nanti ada petugas dengan peralatan medis akan datang membantu,” katanya.
Pandu memastikan layanan SOS ini menjadi bagian memberikans ervice excellence kepada pelanggan. Layanan ini akan dikembangkan di beberapa lokasi lain di area bandara, seeprti ruang tunggu, toilet dan lokasi lain agar lebih ramah terhadap difabel.
Editor: Kuntadi Kuntadi