Bangkai Penyu Ditemukan Terdampar di Pantai Pandansari Bantul, Kepalanya Hilang

Kuntadi ยท Senin, 25 Oktober 2021 - 11:25:00 WIB
Bangkai Penyu Ditemukan Terdampar di Pantai Pandansari Bantul, Kepalanya Hilang
Petugas mengubur bangkai penyu jenis lekang yang ditemukan mati di Pantai Pandansai, Bantul. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id – Seekor penyu kembali ditemukan mati terdampar di Pantai Pandansari, Bantul, Senin (25/10/2021). Penyu jenis lekang ini ditemukan mati dalam kondisi membusuk dan bagian kepala sudah tidak ada.  

Penyu yang ditemukan mati terdampar ini memiliki panjang karapas 80 sentimeter dan lebar 64 sentimeter. Diperkirakan bobotnya mencapai 30 kilogram. 

“Saat ditemukan kondisinya sudah mati dan busuk, bagian kepalanya hilang,” kata Sekretaris Sar Satlinmas Wilayah IV, Kabupaten Bantul, Nugroho, Senin (25/10/2021). 

Penyu ini pertama kali ditemukan oleh seorang wisatawan. Ketika sedang berjalan menyisir pantai menemukan penyu mati yang sudah membusuk dan menebar bau busuk. Temuan ini selanjutnya dilaporkan kepada pengurus wisata dan SAR Satlinmas.
 
Adanya laporan ini ditindalanjuti petugas TNI dari Pos AL Pantai Samas, pengurus penangkaran penyu Gua Cemara dan Ditpolairud. Diperkirakan penyu ini sudah mati lebih dari tiga hari. Bangkai penyu ini kemudian dikubur untuk menghilangkan bau busuk.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: