Bangkitkan Ekosistem Komik Indonesia, Disbud DIY Gelar Yogyakarta Komik Weeks 2022

Antara ยท Jumat, 28 Oktober 2022 - 07:22:00 WIB
 Bangkitkan Ekosistem Komik Indonesia, Disbud DIY Gelar Yogyakarta Komik Weeks 2022
Salah satu komik yang dipamerkan dalam Yogyakarta Komik Weeks 2022 di Jogja National Museum (JNM). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Kebudayaan DIY bertekad membangkitkan kembali ekosistem pegiat dan seniman komik Indonesia. Salah satunya dengan melaksanakan gelaran pameran 'Yogyakarta Komik Weeks 2022' di Jogja National Museum (JNM) mulai 27 Oktober- 5 November 2022.

Dalam event yang bertajuk 'Aksi Transisi' itu sebanyak 60 karya dari 30 pemenang lomba komik Kukuruyug #8 dan 30 seniman komik DIY dipamerkan. 

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakhsmi Pratiwi mengatakan, Yogyakarta Komik Weeks dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan bisa berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan ekosistem komik Indonesia.

"Dengan terbangunnya ekosistem komik tersebut, kami berharap karya komik dari DIY dan Indonesia pada umumnya kelak dapat bersaing di kancah internasional," ujar Dian saat pembukaan pameran di JNM, Kamis (27/10/2022).

Tema "Aksi Transisi" dipilih agar dapat mengakomodasi gagasan dan ide kreatif dari dari paea peserta lomba komik maupun seniman yang sedang bertransisi dari masa pandemi ke masa endemi.

Sejumlah karya komik itu di antaranya berjudul 'Alat Sekolah' yang menggambarkan suasana saat penerapan pembelajaran jarak jauh, hingga 'Ekonomi Bangkit Kembali'.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: