Bangun Kawasan Aerotropolis Bandara YIA, Pemda DIY Gandeng JICA

Antara · Jumat, 28 Oktober 2022 - 18:39:00 WIB
Bangun Kawasan Aerotropolis Bandara YIA, Pemda DIY Gandeng JICA
Bandara YIA. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemda DIY bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam membangun kawasan aerotropolis di sekitar Bandara YIA, yang ada di Kulonprogo. JICA melihat banyak potensi di Kulonprogo yang menarik untuk dikembangkan. 

Nota kesepahaman kerja sama Layanan Konsultasi Teknis Pembangunan Aerotropolis di Kawasan Bandara YIA ini,  ditandatangani Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia Yasui Takehiro di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (28/10/2022). Kerja sama ini akan berlaku lima bulan mulai November 2022 sampai Maret 2023.

"MoU ini untuk membuat perencanaan pembangunan aerotropolis di area sekitar YIA di Kulonprogo," kata Yasui. 

Menurut dia, sebelum dilakukan penandatangan kerja sama ini, JICA telah melaksanakan survei sebagai langkah awal untuk membantu merevisi dan memperbaiki rencana pembangunan aerotropolis area Bandara YIA. Hal ini sesuai permintaan Sultan dalam pertemuan sebelumnya yang digelar pada bulan Juni silam. 
 
Yasui melihat, Kabupaten Kulonprogo memiliki banyak potensi yang menarik untuk dikembangkana. Tidak hanya sebatas YIA, namun juga pertanian, perikanan, kehutanan, gunung, keindahan alam, atau kereta api yang menyambungkan Kota Yogyakarta dan YIA menjadi daya tarik.

"Seputaran Bandara YIA itu memikat hati turis dengan keindahan alam. Misalnya ada sawah dan seterusnya yang indah pasti banyak sekali orang yang ingin keliling tempat itu dengan jalan kaki, naik sepeda atau juga naik mobil dan lainnya," ujar dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: