Bantul Antisipasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak

Antara ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 19:57:00 WIB
 Bantul Antisipasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo ketika memantau ternak sapi di salah satu kandang kelompok Bantul, DIY. (Foto : Antara)

BANTUL, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul menyiapkan beberapa langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Dinas melakukan pengawasan ketat terhadap ternak-ternak yang masuk ke Bantul

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo mengatakan, dalam pengawasan ternak tersebut, tim yang diterjunkan melakukan pemeriksaan ada tidaknya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Surat keterangan ini  sebagai bukti bahwa kondisi ternak tersebut dalam kondisi tidak terserang penyakit atau sehat.

"Kami sudah membentuk tim URC, unit reaksi cepat untuk penanganan wabah itu di masing-masing poskeswan (pos kesehatan hewan), dan di sentra ternak Segoroyoso kami juga melakukan penyemprotan desinfektan," kata Joko Waluyo di Bantul, Jumat (13/5/2022).

Joko mengatakan, dalam waktu dekat atau pekan depan, pihaknya bersama dengan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul merencanakan melakukan pemeriksaan hewan ke tempat-tempat penampungan ternak dan pasar hewan.

"Untuk ke lapangan kami rencana pekan depan bersama Pak Kapolres ke tempat-tempat penampungan ternak atau beberapa pedagang, kemudian hari berikutnya pemeriksaan ke Pasar Hewan Imogiri," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: