Bantul Siapkan 34 Faskes Tempat Vaksin Covid-19

Priyo Setyawan · Rabu, 13 Januari 2021 - 21:59:00 WIB
Bantul Siapkan 34 Faskes Tempat Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 Sinovac . (Foto: Istimewa) 

BANTUL, iNews.id - Pemkab Bantul menyiapkan 24 fasilitas kesehatan (faskes) untuk melaksanakan vaksin Covid-19 tahap pertama di Bantul. Untuk tahap awal, Bantul mendaftarkan 6329 nama tenaga kesehatan (nakes) untuk menerima vaksin. 

vaksin sendiri diperkirakan datang di Bantul awal Februari dan untuk penyimpangan vaksin telah menyiapkan sembilan cool storage.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan 34 faskes tersebut terdiri dari 27 puskesmas, 6 rumah sakit dan satu klinik di Polres Bantul. “Nantinya akan ada 8-10 petugas pemberian vaksin,” kata Nugroho, Rabu (13/1/2021)

Nugroho menjelaskan  nantinya setiap hari faskes akan  melayani pemberian vaksin selama tiga jam. Jika sehari masing-masing faskes maksimal melayani 60 penerima, diprediksi dalam satu minggu semua terlayani.

“Khusus untuk para penerima vaksin di tahap pertama dalam rentang seminggu kemudian mereka wajib mendatangi Faskes untuk mendapatkan vaksin kedua kalinya,” ujarnya.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja menambahkan untuk persiapan vaksin Covid-19 telah menggelar simulasi pemberian vaksin kepada penerima di RSUD Panembahan Senopati, Rabu (13/1/2021).

“Selain nakes, tahap pertama nanti kami juga memasukan 10 nama tokoh yang dikenal dan mewakili masyarakat. Selain bupati, pimpinan Forkopimda, tokoh agama, dan saya sendiri. Nanti kita undang satu pedagang pasar untuk divaksin,” tambahnya.

Menurut Agus  pelibatan tokoh-tokoh yang dikenal masyarakat sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat atas efektifitas vaksin dan tidak bermasalah.

Editor : Ainun Najib