Begini Spesifikasi Glock 42, Pistol Favorit Warga Sipil

Alifia Nur Faiza · Jumat, 18 Februari 2022 - 19:12:00 WIB
  Begini Spesifikasi Glock 42, Pistol Favorit Warga Sipil
Pistol Glock 42 menjadi andalan warga sipil di AS untuk melindungi diri. (Foto: National Interest)

JAKARTA, iNews.id - Berbeda dengan di Indonesia, warga AS sangat akrab dengan senjata api. Pistol Glock 42 menjadi andalan mereka untuk melindungi diri. 

Warga sipil Indonesia tidak bisa sembarangan memiliki senjata api. Di Indonesia hanya warga sipil tertentu saja yang boleh memiliki senjata api. Tanpa izin, menyimpan senjata api tentu dianggap ilegal, bahkan pelakunya bisa dijatuhi sanksi pidana hingga hukuman mati. 

Di Amerika Serikat, jenis senjata paling banyak digunakan adalah pistol. Dari sekian banyak merek pistol, Glock termasuk best seller di negara itu. 

Glock adalah pistol semi-otomatis yang dirancang dan diproduksi perusahaan senjata Austria, Glock GmBH. Pistol Glock juga digunakan oleh militer serta lembaga penegak hukum seluruh dunia, termasuk juga di AS. 

Ukurannya yang kecil, andal, cocok digunakan dalam segala kondisi dan memakai berbagai jenis amunisi, membuat Glock sangat populer. 

Pada 2014, perusahaan meluncurkan pistol baru diberi nama Glock 42. Pistol ini diperkenalkan pada SHOT Show 2014, sebuah pameran dagang senjata api yang diselenggarakan di AS merika sejak 1979. 

Hal yang membuat Glock 42 istimewa adalah penggunaan peluru kaliber.380 pertama untuk pasar Negeri Paman Sam. Selain itu, Glock 42 atau disingkat G42, dirancang dalam bentuk semungil dan ringan sehingga cocok bagi warga sipil. 

Dilansir dari situs resmi Glock, Glock 42 memiliki panjang 5,94 inci atau sekitar 15 cm, berbobot 345 gram (tanpa magasin), dan 450 gram (dengan magasin), tinggi 10 cm, panjang dan laras 8 cm. Kapasitas amunisi dalam magasin mencapai enam butir.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: