Bekas Tempat Pembuangan Sampah, Lembah Sorory Jadi Destinasi Wisata Alternatif di Bantul

Trisna Purwoko · Selasa, 24 November 2020 - 17:57:00 WIB
Bekas Tempat Pembuangan Sampah, Lembah Sorory Jadi Destinasi Wisata Alternatif di Bantul
Sejumlah anak menikmati permainan air di Lembah Sorory, Bantul. (Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id – Warga Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul menyulap lahan bekas pembuangan sampah menjadi tempat wisata keluarga yang diberi nama Lembah Sorory. Objek wisata seluas 5.000 meter ini menawarkan keindahan alam dilengkapi fasilitas bermain anak.

Nama Lembah Sorory dipilih karena lokasi ini berada di bawah rimbunnya pohon bambu jenis ori. Letaknya yang berada di tepi Sungai Opak menjadikan suasana alamnya masih asri dan alami.

“Kami kenalkan tempat ini sejak bulan Oktober lalu, dan setiap hari cukup ramai,” kata Pengelola Lembah Sorory, Darmadi, Selasa (24/11/2020).

Sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata, tempat ini menjadi bumi perkemahan bagi pelajar. Selama masa pandemi Covid-19, nyaris tidak terurus karena tidak ada kegiatan pelajar. Warga kemudian berinisiatif menjadikan sebagai tempat wisata alam.

Darmadi mengatakan, tempat ini cocok untuk berlibur bersama keluarga. Wahana permainan anak tersedia, seperti kolam renang, persewaan ATV dan beberapa permainan tradisional lainnya. Bagi yang ingin berburu kuliner, juga tersedia beberapa menu tradisional.

Editor : Kuntadi Kuntadi