Belasan Ribu Petugas Pemungutan Suara di Sleman akan Jalani Rapid Test

Antara · Rabu, 18 November 2020 - 13:26:00 WIB
Belasan Ribu Petugas Pemungutan Suara di Sleman akan Jalani Rapid Test
Dinas Kesehatan Sleman melakukan rapid test terhadap masyarakat. KPU Sleman juga akan melakukan rapid test terhadap belasan ribu petugas pemungutan suara pada Pilkada 2020. (Foto : Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman akan melakukan rapid test atau tes cepat Covid-19 terhadap 19.125 petugas pemungutan suara pada Pilkada 2020. Ini untuk memastikan pelaksanaan pencoblosan aman dari penyebaran virus corona.

"Sebanyak 19.125 petugas tersebut terdiri dari KPPS dan petugas ketertiban. Tes cepat akan dilakukan mulai 24 November," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi di Sleman, Rabu (18/11/2020).

Menurut dia, tes cepat tersebut dimaksudkan memastikan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 di Kabupaten Sleman dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat sehingga aman dari penularan Covid-19.

"Terdapat 12 hal baru di dalam TPS dalam kondisi pandemi Covid-19, di antaranya pemilih wajib mengenakan masker, jaga jarak minimal satu meter, cuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos, dilakukan pengukuran suhu tubuh seluruh pihak, pemilih diberikan sarung tangan plastik, pemberian tinta tidak dengan cara dicelup," katanya.

Selain itu, katanya, jumlah pemilih di TPS paling banyak 500, KPPS mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), TPS disemprot disinfektan secara berkala.

"Kemudian pembatasan pemilih di TPS diatur waktu kedatangan pemilih, disediakan bilik khusus bagi pemilih bersuhu tubuh 37,3 derajat celcius dan perlunya menghindari berkerumun dan jabat tangan," katanya.

Editor : Ainun Najib