Beli Minyak Curah Pakai Pedulilindungi, Bantul Sebut Petunjuk Teknis Belum Ada

Antara · Jumat, 01 Juli 2022 - 18:36:00 WIB
 Beli Minyak Curah Pakai Pedulilindungi, Bantul Sebut Petunjuk Teknis Belum Ada
Bantul masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait aturan membeli minyak curah pakai aplikasi Pedulilindungi. (Foto Ilustrasi : Dok SIndo) 

BANTUL, iNews.id - Pemerintah berencana memberlakukan penggunaan aplikasi Pedulilindungi bagi masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah. Pemkab Bantul menyebut masih menunggu petunjuk teknis secara resmi dari pemerintah pusat terkait aturan ini. 

"Terkait minyak curah itu kan petunjuk pastinya belum ada, misalnya kalau membeli harus pakai Pedulilindungi," kata Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana di Bantul, Jumat (1/7/2022).

Meski demikian, kata Agus  para pedagang minyak curah di pasar sudah mempersiapkan dengan meminta pembeli menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai dengan identitas KTP yang bersangkutan.

"Tetapi pedagang-pedagang sudah memulai bahwa ketika orang mau membeli itu mengumpulkan NIK, boleh dicatat atau boleh fotokopi KTP, tujuannya mungkin untuk mendata saja," katanya.

Agus menilai, pemakaian aplikasi Pedulilindungi dalam membeli salah satu kebutuhan pokok itu mungkin karena pemerintah pusat melihat kira-kira vaksin Covid-19 yang dicatatkan dalam aplikasi tersebut masih diperlukan atau tidak.

"Karena kan masih belum menjangkau keseluruhan, tapi sekali lagi belum ada petunjuk atau teknis bagaimana kaitan dengan membeli minyak curah kaitan dengan pedulilindungi," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: