Berawal dari Hobi, KWT Mentari Sleman Sukses Kembangkan Usaha Pertanian

Kuntadi ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 16:45:00 WIB
Berawal dari Hobi, KWT Mentari Sleman Sukses Kembangkan Usaha Pertanian
Anggota KWT Mnetari sedang memanen tanaman hidroponik. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari Dusun Karangploso, Maguwoharjo, Sleman sukses bertani dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Usaha ini awalnya hanya hobi, namun kini bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup lumayan.
 
KWT Mentari berdiri sejak 28 November 2018. Awalnya hanya menjadi wadah berkumpulnya ibu-ibu di Dusun Karangploso dalam menyalurkan hobi bertanamnya. Pada 2019 mereka mendapatkan pelatihan membuat jamu. Sejak saat itulah mereka memproduksi hamu empon-empon dari hasil panen tanaman mereka.

“Kita kan sering buat jamu empon-empon. Dari hidroponik ada bayam brazil, kita buat peyek, stik. Setiap mereka buat itu, mereka dapat uang saku dari KWT,” kata Rini Laksinto dari KWT Mentari.
 
KWT Mentari terus berinovasi dengan membuat empon-empon instan. Mengusung slogan ‘Cara Modern Menikmati Jamu', produknya mendapat sambutan antusias dari pasar. Kebetulan saat ini ada momentum pandemi Covid-19.

“Di tengah Covid-19, masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis untuk daya tahan tubuh. Dan kami bisa memberikan jawabannya," katanya.

Kini setiap pekannya minimal anggotanya tiga kali datang untuk mengolah hasil pertanian. Sekali datang dari 23 anggota masing-masing mendapatkan uang saku Rp50.000 atau Rp150.000 per minggu.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: