Berkaca dari Gus Dur, Ma'ruf Amin Ingin Santri Berprestasi

Kuntadi ยท Kamis, 28 Maret 2019 - 14:14:00 WIB
Berkaca dari Gus Dur, Ma'ruf Amin Ingin Santri Berprestasi
Cawapres 01, Ma'ruf Amin. (Foto: Sindonews).

SLEMAN, iNews.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin, ingin santri memiliki karier dan masa depan yang cerah. Hal ini berkaca dari sosok Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur).

"Saya ingin membesarkan santri, agar bisa menatap masa depan," kata Ma'ruf dalam Istighosah dan Deklarasi Kiai-Santri untuk Pemenangan 01, di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta,Kamis (28/3/2019).

Menurut dia, santri harus bisa menjadi apa saja. Karena, telah terbukti dan banyak santri yang mampu menorehkan prestasi, bahkan mampu berkiprah di dunia politik.

Mulai dari kepala daerah, menteri hingga menjadi seorang presiden. Kiai Ma'ruf lalu mencontoh Presiden Gus Dur yang juga seorang santri. "Presiden Gusdur itu juga santri," ujarnya.

Ketika menjabat di karier politik, santri pun diminta menjadikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai contoh. Karena, sosoknya dianggap mampu menghargai semua kalangan, termasuk para ulama..

"NU tidak memaksakan, ada banyak nama yang kita tawarkan. Dari Cak Imin, Mahfud MD, Said Agil, namun saya yang dipilih," kata Ma'ruf.

Ulama, kata dia, sejak dulu selalu dimintai dukungan dalam politik. Namun setelah pemilu semuanya lupa, berbeda dengan Jokowi yang merangkul dirinya sejak awal ikut terlibat di dalam pemerintahan jika kelak terpilih.

Di samping itu, Ma'ruf juga mengajak para kiai dan santri untuk dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis pemerintahan sekarang, khususnya di bidang infrastruktur.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal