Bidik Pasar Sport Tourism, BOB Gelar Sunset Run 2022 di Laguna View Depok

erfan erlin ยท Sabtu, 20 Agustus 2022 - 19:19:00 WIB
Bidik Pasar Sport Tourism, BOB Gelar Sunset Run 2022 di Laguna View Depok
Ribuan peserta memadati kawasan Laguna View Depok di samping jembatan baru Kretek 2 yang belum beroperasi. (Foto : MPI/erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id-Badan Otorita Borobudur (BOB) sebut potensi sport tourism sangat besa. Untuk itu mereka kembali menggelar event sport tourism bersifat massal, BOB Sunset Run 2022. Event ini sudah dua tahun tak digelar akibat pandemi Covid-19.

Event kali ini mereka selenggarakan di Laguna View Pantai Depok Kalurahan Parangtritis Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul. Sebuah objek wisata baru di dekat Pantai Depok yang berada di sisi selatan jembatan Kretek 2, Jembatan penghubung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang belum dibuka pemerintah.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita mengatakan event massal ini adalah yang pertama setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Event tersebut sebenarnya sudah pernah mereka gelar namun di tempat lain. Antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan tersebut cukup bagus.

"Pada event BOB Sunset Run ini, ribuan peserta dari berbagai seluruh Indonesia terdaftar menjadi peserta lari," ungkap Indah, Sabtu 20/8/2022) usai melepas para pelari.

Indah mengatakan potensi sport tourism ini sangat besar baik dari potensi mendatangkan peserta atau wisatawan serta potensi ungkit terhadap kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Karena sudah banyak event-event sport tourism yang mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Kita lihat MotoGP di Mandalika terus juga ada Formula E di Jakarta. Hotel semuanya penuh terus pedagang kebanjiran pembeli. Itu yang kita bidik," ujarnya.

Oleh karenanya pihaknya juga akan gencar menggelar event-event olahraga lainnya di destinasi wisata yang masuk dalam wilayah koordinatif dari BOB. Sebentar lagi pihaknya akan menggelar olah raga forest run yang cukup banyak menyedot peminat.

Menurutnya, event  BOB Sunset Run ini akan meningkatkan hubungan koordinatif antara BOB dengan Pemerintah Daerah Tingkat I dan Tingkat II Provinsi DIY. Di samping itu juga dapat meningkatkan hubungan erat antara BOB dengan masyarakat sekitar. 

"Kami memang berusaha memperkuat branding kawasan kordinatif Badan Otorita Borobudur menjadi kawasan sport tourism," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: