BIN DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 dari Rumah ke Rumah

Antara · Sabtu, 20 November 2021 - 16:43:00 WIB
BIN DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 dari Rumah ke Rumah
Kegiatan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah oleh Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY di salah satu rumah lansia wilayah Gading Kulon, Desa Donokerto, Sleman, DIY, Sabtu (20/11/2021) (Foto : Antara )

YOGYAKARTA, iNews.id  - Badan Intelijen Negara (BIN) DIY menggelar vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah. Vaksinasi yang digelar di Sleman ini sebagai upaya mencapai target 100 persen vaksinasi ke masyarakat. 

"Vaksinasi hari ini merupakan tahap untuk menyelesaikan vaksinasi di Sleman yang baru 90 persen, jadi kita kejar 10 persen, dan di Gading Kulon Desa Donokerto ini kita targetkan 200 orang dapat tervaksin," kata Koordinator Binda DIY Adi Riyanto di sela vaksinasi COVID-19 serentak di Yogyakarta, Sabtu (20/11/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama dipusatkan di Rumah Dukuh Gading Kulon, namun demikian terdapat beberapa warga yang harus didatangi rumahnya oleh tenaga kesehatan untuk divaksin, karena warga kesulitan mendatangi tempat vaksinasi.

"Masyarakat sangat antusias, kita modelnya sekarang dari rumah ke rumah atau 'door to door' atau jemput bola, supaya masyarakat yang belum tervaksin kita vaksin, dan kita akan mendatangi rumah-rumah yang lansia (usia lanjut)," katanya.

Menurut dia, vaksinasi dari rumah ke rumah ini sebagai upaya pemerintah melalui BIN memberi kemudahan akses untuk semua warga agar tervaksin tanpa terkecuali, dan juga sebagai percepatan membentuk kekebalan komunal.

"Apalagi sekarang PTM (pembelajaran tatap muka) di sekolah juga sudah dilaksanakan, sehingga dengan vaksinasi ini akan lebih efektif, disamping protokol kesehatan yang sudah kita jalankan," katanya.

Adi Riyanto mengatakan hingga kini Binda DIY telah melakukan vaksinasi terhadap sekitar 30 ribu orang, dan terus digencarkan, karena memang Binda di seluruh Indonesia melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat tanpa kecuali.

"Jadi memang program dari BIN untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, apalagi ini mendekati Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sehingga vaksinasi kita laksanakan, dan kita awasi jangan sampai nanti varian AY.4.2 masuk ke Yogyakarta," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: