Binda DIY Sisir Lansia dan Anak Sekolah di Kulonprogo yang Belum Divaksin Covid-19

Kuntadi ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 17:47:00 WIB
Binda DIY Sisir Lansia dan Anak Sekolah di Kulonprogo yang Belum Divaksin Covid-19
Plh Panewu Wates Yuli Indriatna meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelae Binda DIY bekerja sama dengan Puskesmas Wates. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Badan Intelijen Negara (Binda) DIY terus melakukan penyisiran untuk menuntaskan target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo. Salah satunya menyasar kalangan lanjut usia (lansia) dan anak usia 6-11 tahun. 

“Hari ini kami melanjutkan vaksinasi di Kulonprogo dengan target 150 sasaran di Wates dan 60 sasaran di Kokap,” kata Koordinator Vaksinasi Kulonprogo Binda DIY, Wury Atmaja, Selasa (11/1/2022). 

Vaksinasi ini dilaksanakan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kulonprogo melalui puskesmas. Vaksinasi menjadi salah satu upaya mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal. Sedangkan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. 

“Masih banyak lansia dan kalangan anak-anak yang belum mendapatkan vaksin Covid-19,” katanya. 

Pelaksana Harian (Plh) Panewu Wates, Yuli Indriatna mengatakan, capaian vaksinasi untuk lansia dan anak-anak di Wates masih harus ditambah. Saat ini masih banyak lansia yang belum mendapatkan vaksin karena keterbatasan akses hingga masalah kesehatan dan faktor lain. Begitu juga dengan anak-anak sekolah yang perlu mendapatkan dukungan. 
 
“Ada sebagian masyarakat yang terpengaruh medsos sehingga menolak divaksin. Secara umum capaian vaksinasinya cukup tinggi,” katanya. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Rina Nuryati mengatakan capaian vaksinasi lansia di Wates sekitar 52,25 persen. Sedangkan total capaian vaksinasi secara keseluruhan sebesar 76,27 persen. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: