Penyu Jenis Lekang Ditemukan Mati di Pantai Bugel Kulonprogo

Kuntadi · Selasa, 11 Januari 2022 - 14:56:00 WIB
Penyu Jenis Lekang Ditemukan Mati di Pantai Bugel Kulonprogo
Tim SAR bersama dengan petugas Polairud menguburkan penyu lekang yang dtemukan mati di Panti BUgel, Panjatan Kulonprogo, Selasa (11/1/2022). (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Seekor penyu jenis lekang (Lepidochelys olivacea) kembali ditemukan mati di sebelah timur Pantai Bugel, Panjatan, Bantul, Selasa (11/1/2022). Saat ditemukan penyu ini dalam kondisi sudah membusuk. 

“Penyu ini ditemukan pertama kali oleh pemancing dalam kondisi sudah membusuk,” kata Koordinator Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI)  Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko, Selasa (11/1/2022). 

Kabar adanya penyu mati ini kemudian dilaporkan kepada warga dan diteruskan ke tim SAR. Petugas yang mendapat laporan menindaklanjuti ke lokasi kejadian. Lantaran kondisinya sudah busuk petugas kemudian menguburkan di dekat lokasi penemuan. 

“Bersama dengan petugas Polairud, bangkai penyu ini kemudian dimakamkan,” katanya. 

Penyu lekang ini memiliki panjang sekitar 75 sentimeter (cm) dengan lebar mencapai 60 cm. Saat ditemukan kondisi kulitnya dalam kondisi kulit kecoklatan dengan permukaan yang cukup halus.  

Aris mengatakan penemuan ini juga sudah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). lokasi penguburan juga sudah ditandai. Jika BKSDA DIY akan melakukan pemeriksaan akan lebih mudah diketahui lokasinya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: