BMKG Prediksi Hujan Deras Bakal Guyur Sleman dan Kulonprogo Utara

Kuntadi ยท Senin, 08 November 2021 - 08:54:00 WIB
BMKG Prediksi Hujan Deras Bakal Guyur Sleman dan Kulonprogo Utara
Hujan lebat. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SLEMAN, iNews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan wilayah Kabupaten Kulonprogo dan Sleman hari ini bakal diguyur hujan lebat. Masyarakat diminta untuk waspada terhadap kondisi alam ini. 

Berdasarkan pengamatan terhadap radar cuaca, hujan deras bakal mengguyur Kabupaten Sleman meliputi, Kapanewon Sleman, Mlati, Tempel, Moyudan, Minggir, Seyegan dan Godean. Sedangkan di Kulonprogo berada di wilayah utara seperti Kapanewon Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, Kalibawang.

“Untuk Kabupaten Bantul berpotensi terjadi di Kapanewon Sedayu,” kata Kepala Stasiun Klimatologi, BMKG DIY Reny Kraningtyas dalam keterangan tertulisnya, senin (8/11/2021).  

Kondisi ini akan berdampak jarak pandang yang terbatas dan jalanan menjadi licin. Hujan deras juga bisa menyebabkan longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil. Sedangkan di kawasan pesisir atau dataran rendah bisa memicu terjadinya genangan air. 

“Warga harus tetap waspada dan hati-hati ketika beraktivitas di luar rumah,” katanya. 

Secara umum, suhu udara antara 20 - 32 derajat celsius, dengan kelembapan udara 66 – 96 persen. Angin bertiup dari arah Selatan – Barat Daya dengan kecepatan maksimum 25 km/jam. Prakiraan gelombang laut di perairan selatan antara 2,5 –4 meter atau dalam kategori tinggi.   

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: