Bos CIA Sebut Putin Marah Belum Bisa Rebut Ukraina

Anton Suhartono ยท Senin, 14 Maret 2022 - 20:39:00 WIB
  Bos CIA Sebut Putin Marah Belum Bisa Rebut Ukraina
CIA mengatakan, Presiden Rusia mulai frustrasi karena militernya gagal mencapai target yang ditentukan. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin sudah mulai frustrasi karena militernya gagal mencapai target yang ditentukan. Upaya Rusia merebut Ibu Kota Kiev dalam 2 hari pascaserangan pada 24 Februari telah gagal.

Putin dikhawatirkan semakin marah dan bisa memicu kekerasan dan kehancuran lebih besar di Ukraina. Dalam kondisi seperti itu, Putin bisa meningkatkan konflik guna mematahkan perlawanan Ukraina. 

Rusia masih memiliki cukup kekuatan senjata untuk membombardir Ukraina selama beberapa pekan mendatang.

Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) William Burns mengatakan kepada parlemen AS, penting bagi negara Barat mengetahui jalan pikiran Putin karena ini bisa terkait dengan bantuan militer untuk Ukraina serta NATO. Bisa saja konflik meluas ke luar Ukaraina, bahkan Putin memutuskan menekan tombol nuklir.

Pejabat intelijen selama dua hari memberikan kesaksian di depan Kongres pekan lalu secara terbuka menyuarakan keprihatinan tentang apa yang mungkin dilakukan Putin. Dan kekhawatiran itu semakin membentuk diskusi tentang apa yang bersedia dilakukan oleh pembuat kebijakan AS untuk Ukraina.

Menurut Burns, Putin awalnya yakin bisa merebut Kiev dalam 2 hari. Pasukan Rusia juga gagal merebut kota-kota besar lainnya. Bukan hanya itu ribuan personel diyakini tewas.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: