BPBD Kulonprogo Catat 18 Titik Longsoran Tanah di Perbukitan Menoreh

Kuntadi ยท Selasa, 23 November 2021 - 14:43:00 WIB
BPBD Kulonprogo Catat 18 Titik Longsoran Tanah di Perbukitan Menoreh
Warga Giripurwo, Girimulyo lakukan pembersihan material longsoran tanah. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kulonprogo sepanjang Senin (22/11/2021) telah menyebabkan musibah tanah longsor di Perbukitan Menoreh. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada 18 titik longsoran dan satu rumah roboh

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo Edi Wibowo mengatakan, tanah longsor ini terjadi di Kapanewon Girimulyo, Samigaluh. Sedangkan musibah rumah roboh di Banjararum, Kalibawang. 

“Longsoran tanah menyebabkan beberapa rumah warga tertimpa material dan sebagian menutup jalan,” katanya, Senin (23/11/2021).

Pascakejadian, pihaknya telah melakukan assessment bersama dengan tim TRC baik dari kabupaten maupun dari kecamatan, dan relawan. Mereka juga berkoordinasi dengan petugas kepolisian dan TNI. Untuk penanganan darurat, BPBD juga sudah menyalurkan bantuan logistik. 

“Hari ini kami lanjutkan pembersihan dan beberapa sudah tertangani,” katanya. 
 
Koordinator Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Girimulyo, Sutikno mengaku tengah melakukan assessment atau penanganan dampak bencana. Adapun upaya yang dilakukan dengan menyingkirkan material longsoran yang menutupi jalan maupun permukiman penduduk.

“Pascahujan deras kami langsung berkoordinasi dan melakukan pendataan dan assessment di lapangan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: