BPIP dan Tokoh Lintas Agama Susun Buku Pembinaan Ideologi Pancasila

Djibril Muhammad · Jumat, 06 November 2020 - 19:28:00 WIB
BPIP dan Tokoh Lintas Agama Susun Buku Pembinaan Ideologi Pancasila
BPIP bekerja sama dengan tokoh-tokoh lintas agama menggelar diskusi kelompok terpumpun untuk menyusun buku Pembinaan Ideologi Pancasila di Yogyakarta, Jumat (6/11/2020). (Foto: BPIP).

YOGYAKARTA, iNews.id - Deputi Bidang Hubungan Antar-Lembaga, Sosialisasi, Komunikas, dan Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan tokoh-tokoh lintas agama menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Buku Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Perspektif Lintas Agama, Jumat (6/11/2020). Buku ini kelak diharapkan menjadi panduan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pembukaan acara Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, materi tersebut diharapkan dapat dipakai dan menjadi acuan. Tidak hanya bagi kementerian dan lembaga terkait, namun juga masyarakat luas.

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar menambahkan, diskusi kelompok terpumpun ini merupakan bentuk gotong-royong para ulama lintas agama dalam menyusun materi Pembinaan Ideologi Pancasila dari perspektif agama dan aliran kepercayaan.

“Ke depan materi ini dapat digunakan sebagai tuntunan masyarakat Indonesia dalam mengaktualisasikan nilai-nilai sila pertama Pancasila,” kata dia.

Direktur Pengkajian Materi BPIP Muhammad Sabri mengungkapkan hal senada. Materi Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa menjadi pegangan para penceramah agama dalam menjalin kerukunan.

Penyusunan materi Pembinaan Ideologi Pancasila ini juga merupakan tindak lanjut untuk pengkajian materi yang nantinya diharapkan dapat menjadi referensi perguruan keagamaan negeri di lingkungan Kementerian Agama.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menekankan, materi ini diharapkan dapat digunakan dan menjadi referensi bagi remaja dan masyarakat luas.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2