BRIN Kenalkan siDenuk dan Pupuk Organik Hayati ke Petani Gunungkidul

Ainun Najib ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 10:07:00 WIB
BRIN Kenalkan siDenuk dan Pupuk Organik Hayati ke Petani Gunungkidul
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman mengenalkan hasil inovasi bidang pertanian ke para petani di Gunungkidul. (Foto : Humas GPC)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengenalkan hasil inovasi mereka ke para petani di Gunungkidul. Sejumlah inovasi itu di antaranya adalah padi siDenuk, pupuk organik hayati dan pengawet ikan organik.

Berbagai inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi para petani. “Varietas Sinduk padi unggulan yang memiliki potensi produktifitas tinggi berkisar 10 ton perhektar. Hasilnya akan maksimal jika budidaya dilakukan dengan cara organik,” kata Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Hardi Julendra di acara Promosi Hasil Litbang BRIN Bidang Pertanian dan Pelatihan Pupuk Organik Hayati di Balai Kalurahan Sidorejo, Ponjong, Kamis (7/10/2021).

Varieta siDenuk ini merupakan hasil riset dan inovasi dari BRIN pada OR TN (Batan) yangs udah dilakukan sejak lama. Selan varietas padi, BRIN juga mengenalkan pupuk organik hayati (POH).  Pupuk ini diklaim mengandung mikroba unggul pemacu pertumbuhan akar tanaman. 

“Sosialisasi akan disampaikan langsung oleh dr Antonius penemu tenologi POH ini. POH dapat mengurangi pupuk kimia. Untuk pengawet ikan organik juga sudah tersedia di pasar online,”ujarnya.

Assek Bidang Ekonomi dan Pembangunan Gunungkidul, Siti Isnaini Deconingrum mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya di Gunungkidul mayoritas adalah lahan tadah hujan, sehingga pemanfaatan tehnologi pertanian sangat dibutuhkan agar hasilnya bisa optimal. “Kepada para peserta diklat mari manfaatkan kegiatan ini yang tujuannya baik untuk kita,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: