Budidaya Tanaman Porang Mulai Dilirik, Untungnya Lumayan

Heri Purnomo ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 20:00:00 WIB
Budidaya Tanaman Porang Mulai Dilirik, Untungnya Lumayan
Tanaman porang yang dibudidayakan Petani di Desa Karanggeneng, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. (Foto: Heri Purnomo/iNews)

BLORA, iNews.id – Tanaman porang sedang naik daun. Petani porang di Desa Karanggeneng, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora untung besar saat panen. Harga katak pohon porang kini menembus Rp350.000 per kilogram. 

"Kalau bicara soal porang, perlu mengubah mindset masyarakat yang selama ini menganggap sebagai tanaman makanan ular. Itu keliru besar, kalau dilihat hampir sama tetapi beda," kata Harianto, petani porang di Desa Karanggeneng, Kamis (14/1/2021). 

Tanaman porang yang dibudidayakan sejak dua tahun lalu, jumlahnya mencapai sekitar 4.000 pohon di luas lahan 2.500 meter persegi. Saat panen seperti bulan Januari ini, katak pohon porang harganya mencapai Rp350.000 per kilogram. 

Tanaman porang memiliki manfaat sangat besar. Mulai dari umbi hingga katak yang berada di daun, bisa dijual dengan harga yang menggiurkan."Saya sudah bisa ekspor ke Jepang, umbinya dalam bentuk cip," jelasnya.

Editor : Ainun Najib