Buntut UAS Ditolak Masuk Singapura, Indonesia Kirim Nota Diplomatik

Anton Suhartono ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 22:17:00 WIB
 Buntut UAS Ditolak Masuk Singapura, Indonesia Kirim Nota Diplomatik
Pemerintah Indonesia telah mengirim Nota Diploma terkait insiden pelarangan UAS masuk Singapura. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kejadian Ustaz Abdul Somad (UAS) ditolak masuk Singapura berbuntut. Pemerintah Indonesia telah mengirim Nota Diplomatik terkait hal itu.

Notal Diplomatik ini telah dikirim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura ke Kemlu Singapura pada Selasa (17/5/2022). 

Dalam keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, hingga saat ini KBRI masih menunggu keterangan lebih lanjut dari Kemlu Singapura atas Nota Diplomatik tersebut.

Selain itu KBRI telah menerima informasi mengenai penolakan ICA, termasuk terhadap enam anggota rombongan UAS. Setelah itu KBRI langsung melakukan komunikasi dengan ICA guna menanyakan alasan penolakan. 

Dari komunikasi tersebut, KBRI mendapat penjelasan, penolakan atau refusal of entry didasarkan alasan “tidak eligible untuk mendapatkan izin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi”.

Sebelumnya Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura Suryopratomo menjelaskan, UAS ditetapkan sebagai pihak Not To Land (NTL) untuk masuk Singapura. UAS dilarang masuk ke Singapura setibanya dari Batam. 

"ICA hanya menjelaskan, pihaknya menetapkan not to land ketika UAS tiba dari Batam. Karena ditetapkan NTL diminta untuk kembali Ke Batam. Rombonganya bertujuh," kata Suryopratomo.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: