Bunuh 10 Warga Sipil yang Tak Bersalah, AS Tawarkan Uang Ganti Rugi ke Keluarga

Sindonews, Esnoe Faqih Wardhana ยท Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:23:00 WIB
 Bunuh 10 Warga Sipil yang Tak Bersalah, AS Tawarkan Uang Ganti Rugi ke Keluarga
AS melancarkan serangan drone di Afghanistan. Dalam serangan itu 10 warga yang tidak bersalah tewas. (Foto : Reuters)

KABUL, iNews.id  - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menawarkan pembayaran belasungkawa kepada keluarga 10 warga sipil Afghanistan yang tewas dalam serangan drone. AS membunuh 10 warga sipil yang tidak bersalah dengan serangan drone bersenjata.

Serangan kejam AS ini terjadi pada Agustus selama hari-hari terakhir sebelum pasukan Amerika menarik diri dari negara itu.

Dikutip dari Al Jazeera, Departemen Pertahanan AS menyatakan telah membuat komitmen, termasuk menawarkan “pembayaran belasungkawa”, selain bekerja dengan Departemen Luar Negeri AS untuk mendukung anggota keluarga yang tertarik untuk relokasi ke Amerika Serikat.

“Colin Kahl, Wakil Menteri Pertahanan AS untuk kebijakan, mengadakan pertemuan virtual dengan Steven Kwon, pendiri dan presiden Nutrition & Education International, organisasi bantuan yang mempekerjakan Zemari Ahmadi, yang tewas dalam serangan drone 29 Agustus,” ujar Sekretaris Pers Pentagon, John Kirby, Jumat (15/10/2021) malam.

Menurut Kirby, Ahmadi dan korban lainnya yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak itu adalah korban tak bersalah yang tidak bersalah dan tidak berafiliasi dengan Negara Islam di Provinsi Khorasan, ISKP (ISIS-K) atau ancaman terhadap pasukan AS.

Pentagon telah mengatakan sebelumnya bahwa serangan 29 Agustus itu menargetkan seorang pembom bunuh diri ISKP, yang merupakan ancaman bagi pasukan pimpinan AS di bandara Kabul, saat mereka menyelesaikan tahap terakhir penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: