Bupati Gandeng Lurah Atasi Kemiskinan di Bantul yang Tembus 27.510 Jiwa

Antara ยท Rabu, 02 November 2022 - 11:09:00 WIB
 Bupati Gandeng Lurah Atasi Kemiskinan di Bantul yang Tembus 27.510 Jiwa
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Joko Purnomo saat sosialisasi Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Bantul, Selasa (1/11/2022). (Foto: HO-Humas Pemkab Bantul)

BANTUL, iNews.id - Pemkab Bantul menggandengn lurah atau kepala desa untuk mengatasi kemiskinan. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut para lurah ini mempunyai peran penting dalam menggulirkan program pengentasan kemiskinan. 

"Lurah mempunyai peran yang sangat penting dan signifikan, sebab lurah memiliki anggaran melalui APBKal (Anggaran Pendapatan Belanja Kalurahan)," ujar Halim di sela Sosialisasi Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Bantul, Selasa (2/11/2022).

Menurut Halim, dana APBKal yang berada di bawah kewenangan lurah dapat digunakan untuk kegiatan pengentasan warga dari kemiskinan ekstrem di luar program yang digulirkan melalui APBD.

"Dengan begitu program dan kegiatan pengentasan warga dari kemiskinan itu akan efektif. Tidak saling tumpang tindih, sehingga efisien," kata Halim.

Politisi PKB itu mengatakan, jumlah warga miskin ekstrem di Bantul jumlahnya mencapai 27.510 jiwa. Bantuan lembaga atau pihak swasta melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR kepada Pemkab Bantul juga dimanfaatkan untuk membantu pengentasan warga dari kemiskinan. 

"Hampir tidak mungkin menghilangkan kemiskinan ekstrem hingga nol, namun kita terus berupaya. Target kami kemiskinan secara umum di Bantul harus di bawah dua digit, yakni delapan atau sembilan persen," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: