Bupati Sleman Ajak Masyarakat Waspadai Bencana Dampak La Nina

Antara ยท Sabtu, 13 November 2021 - 14:30:00 WIB
Bupati Sleman Ajak Masyarakat Waspadai Bencana Dampak La Nina
Bupati Sleman meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana akibat pengaruh La Nina. (Foto Ilustrasi : iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id- Bupati Sleman Kustini meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi akibat pengaruh La Nina. Bupati juga meminta jajaran pemerintah daerah menyiapkan langkah-langkah antisipasi. 

Kustini menyebut baru saja menerima kunjungan dari Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sleman yang menginformasikan kemungkinan potensi bencana alam pada musim hujan ini.

Menurut dia, pihak Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sleman juga meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah antisipasi dan upaya penanggulangan bencana.

"Atas rekomendasi yang diberikan BMKG tersebut maka langsung kami informasikan ke masyarakat serta menyiapkan antisipasi yang diperlukan guna mengurangi resiko akibat La Nina," kata Kustini di Sleman, Sabtu (13/11/2021).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sleman Ikhsan bertemu dengan Bupati Sleman pada Jumat (12/11) 2021.

Ikhsan menyampaikan informasi yang perlu diketahui masyarakat Sleman dalam antisipasi menghadapi musim hujan pada akhir 2021.

"Pengaruh La Nina di wilayah DIY di awal musim hujan Oktober-November akan memberikan dampak yang cukup tinggi yakni sekitar 60 persen, dan akan berlanjut hingga Desember, Januari, Februari 2022," katanya.

Menurut dia, meskipun prosentase peningkatan curah relatif lebih kecil namun dampak terhadap peningkatan bencana hidrometeorologi semakin tinggi terlebih pada puncak musim hujan.

"Curah hujan November 300mm per bulan, Desemer 2021 dan Januari 2022 400mm per bulan serta Februari 2022 500 mm per bulan," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: