Cegah Stunting, BKKBN Gandeng Penyuluh Agama untuk Bekali Pengetahuan bagi Calon Pengantin

Kuntadi · Rabu, 30 November 2022 - 19:29:00 WIB
Cegah Stunting, BKKBN Gandeng Penyuluh Agama untuk Bekali Pengetahuan bagi Calon Pengantin
Ustaz Wijayanto (kiri) menyerahkan sepeda kepada penyuluh agama disaksikan kepala BKKBN Hasto Wardoyo (dua dari kanan) pada sosialsiasi pencegahan stunting di Yogyakarta, Rabu (30/11/2022). (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menggandeng penyuluh agama untuk ikut melakukan upaya pencegahan stunting. Mereka diminta ikut membekali calon pengantin dengan pengetahuan tentang pernikahan hingga tumbuh kembang anak. 

“Mengapa kita gandeng penyuluh agama, karena mereka adalah gerbang orang mau berkeluarga. Mereka yang mau menikah datangnya ke penyuluh agama bukan ke penyuluh KB,” kata Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo pada Sosialisasi dan Pembekalan Bagi Penyuluh Agama Dalam Percepatan Penurunan Stunting, di Yogyakarta, Rabu (30/11/22). 

Melalui kerja sama ini, nantinya penyuluh agama akan mendapatkan tugas tambahan. Mereka diminta menyosialisasikan soal tumbuh kembang anak kepada calon penganin sebelum pernikahan. 

“Penyuluh agama ini akan menyampaikan pesan kepada calon pengantin untuk mencegah stuning. Dalam setahun ada 2 juta orang menikah dan 1,4 juta hamil,” kata Hasto. 

Sosialisasi ini diikuti 250 penyuluh agama, petugas KUA dan tokoh agama dari lima kabupaten/kota di DIY. Dalam kegiatan ini juga dilaunching panduan berupa audio visual yang bisa di download penyuluh agama, untuk disampaikan kepada calon pengantin. Materi ini merupakan permintaan dari Menteri Agama agar penyuluh lebih mudah memahami. 

“Kami juga membuka help desk untuk bertanya. Kami buka secara daring melalui aplikasi ELSIMIL (Elektronik Siap Nilah dan Hamil), itu bisa diakses," ujar Hasto.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: