China Beri 8 Tindakan Balasan Buntut Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Umaya Khusniah · Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:21:00 WIB
 China Beri 8 Tindakan Balasan Buntut Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan
Ketua DPR AS, Nancy Pelosi menegaskan, China tak dapat menghentikan pejabat negaranya mengunjungi Taiwan. (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.is - Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan membuat China meradang. Beijing pun mengumumkan delapan tindakan balasan.

Hal ini disampaikan dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (5/8/2022). Pemerintah Beijing menjatuhkan sanksi kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi. 

Sedangkan delapan tindakan balasan untuk AS meliputi pembatalan panggilan telepon antara para pemimpin militer AS dan China, pertemuan kerja antara Departemen Pertahanan China dan AS, dan penangguhan kerja sama China-AS tentang imigran ilegal, pengendalian narkoba dan perubahan iklim.

"Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersikeras mengunjungi wilayah Taiwan China. Ini merupakan campur tangan besar dalam urusan internal China," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Bagi China, tindakan Pelosi tersebut merusak kedaulatan dan integritas teritorial China. Pelosi juga dinilai secara serius menginjak-injak prinsip Satu-China, dan sangat mengancam perdamaian juga stabilitas di Selat Taiwan. 

"China memutuskan untuk menerapkan sanksi terhadap Pelosi dan anggota keluarga dekatnya sesuai dengan hukum yang relevan di Republik Rakyat China," tambahnya.

Beijing telah meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan setelah Pelosi mengunjungi pulau itu. Hal itu telah menentang peringatan China yang melihat Taiwan sebagai "provinsi yang memisahkan diri."

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: