China juga Rekrut Mantan Pilot Tempur Australia untuk Latih Tentaranya

Anton Suhartono ยท Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:20:00 WIB
 China juga Rekrut Mantan Pilot Tempur Australia untuk Latih Tentaranya
Pemerintah China merekrut mantan pilot tempur Australia untuk melatih tentaranya. (Foto Ilustrasi : Reuters)

SYDNEY, iNews.id - Pemerintah China ternyata juga merekrut veteran pilot tempur Australia. Mereka diminta melatih Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China. Australia tengah menyelidiki hal ini. 

Sebelumnya dilaporkan 30 mantan pilot pesawat tempur Inggris juga dilaporkan direkrut Beijing. Inggris khawatir para pilot veteran ini diminta mengajari cara mengalahkan pesawat tempur Barat. 

Menteri Pertahanan Australia Richard Marles secara khusus telah meminta departemen untuk menyelidiki laporan ini. Para pilot veteran ini dilaporkan direkrut untuk bergabung dengan sekolah penerbangan Afrika Selatan yang beroperasi di China. 

"Saya akan sangat terkejut dan terganggu mendengar ada personel yang terbujuk oleh gaji negara asing ketimbang mengabdi bagi negara mereka," kata Marles, dikutip dari Reuters, Rabu (19/10/2022). 

"Saya telah meminta departemen untuk menyelidiki laporan ini dan datang ke kantor membawa saran yang jelas tentang masalah ini," katanya lebih lanjut.

Hingga berita ini ditulis, Perusahaan Afrika Selatan, Test Flying Academy of South Africa (TFASA) belum memberikan komentar soal perekrutan mantan pilot Australia untuk bekerja di China.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: